Minggu, 17 Maret 2013

Tips Meningkatkan Performa Mesin Mobil


Banyak cara untuk meningkatkan performa mesin mobil, yaitu sederhana maupun ekstrim. Kali ini, saya mencoba membahas modifikasi mesin dengan cara sederhana atau istilahnya stage 1.
Budget dibawah 5 juta rupiah
Sebelumnya, modifikasi sederhana atau stage 1 hanya melakukan ubahan seputaran intake dan exhaust system. “Peminatnya banyak sekali, karena barang aftermarket-nya sudah banyak yang jual dan plug and play. Mobil tidak perlu menginap untuk turun mesin dan modifikasi cylinder head, jadi efisien waktu,” buka Weda Bagus Prakoso dari Indonesian Performance.
Jika dimulai dari intake, modifikasi yang dilakukan adalah penggantian saringan udara. “Biasanya ganti ke model replacement yang masih mengandalkan box bawaan, karena banyak orang yang masih mau ruang mesinnya terlihat sederhana atau original”. Selain itu, tidak diharamkan juga jika melakukan modifikasi pada throttle body (TB). “Kalau TB hanya dilakukan reamer dan dihaluskan sudah cukup. Intake manifold tidak perlu”.
Selanjutnya adalah bagian exhaust system, yaitu mengganti header serta pipa-pipa dan knalpot. “Bagian ini sudah banyak barang aftermarketnya bahkan sudah menjadi 1 paket dari header sampai knalpot.
Dengan modifikasi yang sederhana dan efisien waktu ini bisa meningkatkan tenaga mesin sebesar 6-8 HP.
Budget dibawah 10 juta rupiah
Dengan dana sebesar 10 juta rupiah anda bisa menambahkan beberapa bagian modifikasi mesin setelah budget 5 juta dilaksanakan. Tambahannya yaitu piggyback yang digunakan untuk mengubah ECU agar dapat meningkatkan performa mesin untuk meningkatkan akselerasi mobil. Ada beberapa merk yang bisa dipilih yaitu Dastek dan Apexi. Dengan perubahan tersebut performa mobil dapat meningkat sepesar 15 – 25 tenaga kuda.
Budget dibawah 15 juta rupiah
Untuk budget sebesar ini anda dapat melakukan penambahan pada porting polish di head mesin. Bertujuan untuk memaksimalkan masuknya udara dan bensin ke dalam ruang pembakaran sehingga tidak ada ruang yang terbuang sia sia. Dengan penambahan porting polish ini ditambah apa yang dilakukan di budget 5 dan 10 juta rupiah performa mesin mobil anda dapat meningkat sebesar 20 – 30 tenaga kuda.
Budget diatas 15 juta rupiah
Jika anda memiliki budget yang lebih seperti ini anda dapat melakukan pergantian internal mesin seperti mengganti piston yang memiliki kompresi lebih tinggi, camshaft dan lain sebagainya. Dengan mengganti piston maka akan mempercepat proses pembakaran dan membuat akselerasi meningkat.
Penambahan lainnya yaitu turbo sistem pada mesin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara custom ataupun bolt on yang banyak tersedia di pasaran. Dengan menambahkan turbo bolt dapat meningkatkan power mesin hingga diatas 50 persen. Tetapi proses pengerjaannya akan memakan waktu lebih lama. Karena turbo bolt untuk city car biasanya jarang ada di pasaran. Biasanya yang digunakan adalah spare part mobil dari jenis sport yaitu mitsubishi evolution atau nissan skyline.
Jika mobil anda dalam kecepatan tinggi pastikan anda memperhatikan tips mengerem mobil. Sekarang semua tergantung anda menyediakan budget berapa untuk memodifikasi mobil supaya akselerasinya meningkat. Tetapi jika ingin meningkatkan performa mesin jangan sampai mengorbankan sisi keselamatan. Bagaimanapun keselamatan lebih penting daripada performa mesin yang super.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar