Minggu, 17 Maret 2013

Tips Membersihkan Velg Mobil


Masalah yang berhubungan dengan velg mobil itu banyak dan beragam. Apalagi pada musim penghujan saat ini yang waktunya sulit sekali diprediksi. Velg lecet, retak-retak, korosi, dan kotor pada velg benar-benar mengurangi tampilan dan daya tarik mobil Anda. Oleh sebab itu, menjaga velg mobil Anda dalam kondisi yang baik adalah keharusan jikan mobil ingin terlihat sempurna dari segi eksterior.
Pertama, roda (termasuk velg) harus dibersihkan bersamaan pada saat Anda mencuci mobil. Kebanyakan pemilik mobil saat ini mengabaikan kebersihan velg mobil dan hanya mementingkan body mobil saja. Apalagi pada saat musim hujan, rasa malas kerap kali membuat kita hanya membersihkan bagian body mobil saja.
Nah, berikut ini adalah beberapa tips memberishkan velg mobil yang dikutip dari berbagai sumber supaya tetap tampil mengkilap :
·         Biasakan mencuci/membersihkan bagian velg mobil setelah terguyur air hujan dan melibas genangan air hujan. Semprot velg dengan aliran air yang cukup tinggi untuk membilas kotoran-kotoran yang tersisa dengan baik. Hal ini akan membantu melonggarkan partikel kotoran kasar akibat air hujan tersebut dan membantu proses pembersihan.
·         Upayakan untuk tidak mencuci mobil velg saat mobil baru saja digunakan. Perlu diketahui, velg yang masih panas akan menciptakan jamur jika langsung disiram air. Ada baiknya sebentar menunggu sampai velg sedikit dingin.
·         Bersihkan seluruh bagian velg dengan sponge yang halus supaya tidak tergores. Hal ini akan 90% mengangkat kotoran yang menempel pada velg.
·         Setelah disemprot gunakan shampoo atau cairan khusus untuk membersihkan velg mobil. Sebagian besar membersihkan roda mobil memang memerlukan sedikit lebih banyak tenaga dan ketelitian. Jika velg mobil Anda terbuat dari bahan krom, gunakan chrome polish supaya hasilnya lebih maksimal.
·         Gunakan sikat kecil atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian velg yang sulit dibersihkan. Gunakan air yang mengalir untuk memudahkan kotoran yang sulit lepas dari velg.
·         Jika masih ada kotoran yang sulit dihilangkan seperti aspal yang menempel, coba gunakan minyak tanah atau bensin untuk menghilangkannya.
·         Setelah benar-benar bersih, gunakan kanebo untuk mengeringkan velg dari sisa-sia air yang masih menempel.
·         Ada baiknya juga melapisi velg dengan wax agar air dan kotoran yang menempel pada velg mudah dibersihkan ketika dicuci kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar